Home » Berita KEPRI » Bintan Raih e-KTP Terbaik se-Indonesia

Bintan Raih e-KTP Terbaik se-Indonesia

BINTAN- Kabupaten Bintan berhasil meraih predikat terbaik 20 besar se-Indonesia dari hasil pelayanan perekaman elektronik KTP (e-KTP) yang mencapai rating di atas 90 persen.

Penghargaan tersebut diberikan Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi pada rapat kerja nasional (Rakernas) pendaftaran penduduk dari tanggal 19-21 Februari di Hotel Red Top Jakarta. Rakernas tersebut dihadiri oleh Kepala Daerah se-Indonesia.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk dan Capil) Ismail dihubungi, Senin (20/2) mengatakan, Kabupaten Bintan sendiri sampai dengan pertengahan bulan Februari dalam pelayanan perekaman e-KTP telah mencapai 93 persen. Artinya, perekaman data yang dilaksakan di Kabupaten Bintan dalam penerapan e-KTP sudah cukup maksimal.

Ismail menyebutkan, angka 93 persen tadi bila dihitung bedasarkan dengan jumlah penduduk yang ada di Bintan mencapai hampir 78 ribu dengan sisa sekitar 5.500 jiwa lagi.

Menurut dia, meskipun rentang jarak kecamatan maupun kelurahan dan desa yang ada di Kabupaten Bintan cukup jauh, namun pelaksanaan perekaman e-KTP tidak menjadi kendala dan hambatan, sehingga dapat dilaksanakan dengan baik.

Ismail mengatakan, pihak Kemendagri telah menyerahkan 1.000 e-KTP yang nantinya dibagi 100 lembar setiap kecamatan dengan total 10 kecamatan yang ada di Bintan. Penyerahan e-KTP secara simbolis akan diserahkan oleh Gubernur Kepri di Kijang setelah Rakernas.

“Kita berharap dari target massal yang ditetapkan berakhir sampai dengan tanggal 30 April mendatang, perekaman e-KTP sudah selesai. Namun demikian, masih ada target regular sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan,” kata Ismail.

Dalam kesempatan itu, Ismail yang mengaku sedang berada di Jakarta mengikuti Rakernas mengucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada masyarakat Bintan yang peduli dan mau berpartisipasi mengikuti program e-KTP.

Ketua PGRI Kepri ini menambahkan, untuk di Bintan sendiri ada dua kecamatan yang sudah memasuki 100 persen perekaman data e-KTP, yaitu Kecamatan Teluk Bintan dan Mantang. Sementara itu, tiga kecamatan yang masyarakatnya banyak dan saat ini hampir rampung mengurus perekaman data e-KTP adalah Kecamatan Seri Kuala Lobam, Kecamatan Bintan Timur dan Bintan Utara.

Wakil Bupati Bintan, Khazalik mengucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada seluruh komponen masyarakat Kabupaten Bintan yang telah berpartisipasi dalam mendukung dan mensukseskan pelaksanaan e-KTP dari awal sampai akhir.

Menurut Khazalik, apa yang diraih juga tidak terlepas dari peran serta camat dan lurah yang ikut membantu mensosialisasikan pelaksanaan e-KTP.(eza)

sumber: http://www.haluankepri.com/news/bintan/25137-bintan-raih-e-ktp-terbaik-se-indonesia.html

About This Post
Posted by on Feb 21st, 2012 and filed under Berita KEPRI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response via following comment form or trackback to this entry from your site

Leave a Reply

*